Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang cara membuat daftar isi menggunakan program Microsoft Word 2016 dan bisa diterapkan pada versi di bawahnya. Tidak perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:
A. Mengatur Level pada Judul
- Buka Ms. Ofiice 2016
- Buka dokumen proposal yang akan kita buat daftar isinya
Gambar 1. Tampilan Dokumen proposal - Seleksi judul bab, sub bab, dan anak sub bab yang akan ditampilkan pada daftar isi
Gambar 2. Tampilan Seleksi Judul Bab - Klik menu References → Group Table of Contents → pilih ikon Add Text → Level 1
Gambar 3. Tampilan Menu Reference - Lakukan langkah no 4 keseluruh judul Bab, sub bab, dan anak sub bab yang ada pada dokumen proposal. Catatan: level 1 untuk judul bab, level 2 untuk sub bab, dan level 3 untuk anak sub bab
- Cek hasil pengaturan pada no 5 dengan cara klik menu View → gropup show → centang pada kotak navigation
Gambar 4. Tampilan Menu View
Berikut ini tampilan dari navigation pane: - Jika semua judul sudah tertampil di panel navigasi maka pengaturan level sudah selesai.
B. Menampilkan Daftar Isi pada Halaman
- Letakkan pointer/kursor pada halaman Daftar Isi
Gambar 6. Tampilah Halaman Daftar Isi - Lakukan pengaturan pada bagian yang dirasa belum pas.
- Selesai.
C. Update Field Daftar Isi
- Kita dapat memperbarui isi maupun nomor halaman pada daftar isi dengan cara klik kanan pada teks daftar isi → pilih update field seperti pada gambar berikut:
Gambar 11. Tampilan Update Field - Sehingga muncul kotak dialog Update Table of Contents.
- Untuk memperbarui nomor halaman pada daftar isi pilih Update page numbers only → klik OK
Gambar 12. Tampilan kotak dialog Update Table of Content - Sedangkan untuk memperbarui seluruh isi dari daftar isi pilih Update entire table klik → OK
- Selesai.
Gambar 13. Tampilan kotak dialog Update Table of Content |
No comments:
Post a Comment