Tuesday, March 29, 2022

Membuat Daftar Isi Otomatis

Daftar isi merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam sebuah laporan sehingga dapat mempermudah pembaca untuk melihat konten dan halaman sebuah laporan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang cara membuat daftar isi menggunakan program Microsoft Word 2016 dan bisa diterapkan pada versi di bawahnya. Tidak perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

A.   Mengatur Level pada Judul
  1. Buka Ms. Ofiice 2016
  2. Buka dokumen proposal yang akan kita buat daftar isinya

    Gambar 1. Tampilan Dokumen proposal
  3. Seleksi judul bab, sub bab, dan anak sub bab yang akan ditampilkan pada daftar isi

    Gambar 2. Tampilan Seleksi Judul Bab 

  4. Klik menu References → Group Table of Contents → pilih ikon Add Text → Level 1

    Gambar 3. Tampilan Menu Reference

  5. Lakukan langkah no 4 keseluruh judul Bab, sub bab, dan anak sub bab yang ada pada dokumen proposal. Catatan: level 1 untuk judul bab, level 2 untuk sub bab, dan level 3 untuk anak sub bab
  6. Cek hasil pengaturan pada no 5 dengan cara klik menu View → gropup show centang pada kotak navigation 

    Gambar 4. Tampilan Menu View

    Berikut ini tampilan dari navigation pane

    Gambar 5. Tampilan Navigation Pane

  7. Jika semua judul sudah tertampil di panel navigasi maka pengaturan level sudah selesai.

B.   Menampilkan Daftar Isi pada Halaman
  1. Letakkan pointer/kursor pada halaman Daftar Isi

    Gambar 6. Tampilah Halaman Daftar Isi

  2. Klik menu References → Group Table of Contents pilih ikon Table of Contens → Custom Table of Contents...  

    Gambar 7. Tampilan Ikon Custom Table of Contents

  3. Berikan pengaturan pada kotak dialog Table of Contents seperti pada gambar klik OK.

    Gambar 8. Tampilan Kotak Dialog Table of Contents 

    Catatan: 
    tab leader memiliki tiga tipe yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan
        






  4. Sehingga tampilan halaman Daftar Isi menjadi seperti berikut:

    Gambar 9. Tampilan Halaman Daftar Isi

  5. Edit teks pada judul proposal menjadi Halaman Judul dan teks judul bab menjadi satu baris seperti gambar berikut:
    Gambar 10. Tampilan Hasil Edit

  6. Lakukan pengaturan pada bagian yang dirasa belum pas.
  7. Selesai.

C.   Update Field Daftar Isi
  1. Kita dapat memperbarui isi maupun nomor halaman pada daftar isi dengan cara klik kanan pada teks daftar isi → pilih update field seperti pada gambar berikut:

    Gambar 11. Tampilan Update Field

  2. Sehingga muncul kotak dialog Update Table of Contents. 
  3. Untuk memperbarui nomor halaman pada daftar isi pilih Update page numbers only → klik OK  

    Gambar 12. Tampilan kotak dialog Update Table of Content

  4. Sedangkan untuk memperbarui seluruh isi dari daftar isi pilih Update entire table klik → OK 

  5. Gambar 13. Tampilan kotak dialog Update Table of Content

  6. Selesai.

   







No comments:

Post a Comment