Monday, January 30, 2017

Pengenalan Shaping Objek pada CorelDraw X7

Shaping objek merupakan ikon-ikon yang digunakan untuk mengubah dan membentuk objek baru dari beberapa objek. Pada CorelDraw X7 ada tujuh macam shaping objek yaitu weld, trim, intersect, simplify, front minus back, back minus front dan boundary.

Keterangan:
1.  Weld
2.  Trim
3.  Intersect
4.  Simplify
5.  Front Minus Back
6.  Back Minus Front
7.  Boundary

Berikut ini akan saya berikan penjelasan tentang kegunaan dan cara penggunaan dari shaping objek tersebut: 

1.  WELD

Weld merupakan ikon yang digunakan untuk menggabungkan objek yang saling bersinggungan menjadi satu kesatuan garis, bentuk dan warna. Penggabungan objek menggunakan weld ini akan menghasilkan objek baru dari hasil objek-objek yang diseleksi.

Contoh penggunaan weld:



Langkah-langkah penggunaan ikon weld:
  • Gambar objek yang diinginkan, pada contoh adalah lingkaran. Buatlah satu buah lingkarang menggunakan ellipse tool (F7), kemudian beri warna dan duplikat (Ctrl+D) sebanyak yang diinginkan. Ganti warna setiap objek dan ubah ukuran jika memang diperlukan.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat sehingga akan muncul ikon shaping pada property bar. Pilih ikon weld (ikon paling pertama dari kiri), dalam sekejap objek yang anda seleksi akan menjadi objek yang baru.
Perhatikan contoh, dari gambar 1 dapt dilihat terdapat beberapa objek lingkaran yang satu sama lain berbeda warna setelah penggunaan weld objek-objek tersebut berubah menjadi gambar 2 dengan satu warna yang tersisa yaitu warna dari objek yang paling bawah.

2.  TRIM

Trim merupakan ikon yang digunakan untuk memotong satu objek menggunakan objek lain yang saling bersinggungan. Dengan kata lain objek yang akan terpotong adalah objek yang berada di paling belakang, objek yang berada di depan digunakan sebagai objek pemotong saja. 

Contoh penggunaan trim:




Langkah-langkah penggunaan ikon trim:

  • Buat objek yang diinginkan, pada contoh saya membuat dua objek kotak dan satu objek lingkaran. Posisikan objek sesuai dengan keinginan anda.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat dan klik ikon trim. Perhatikan gambar, objek yang terpotong adalah objek dengan posisi paling bawah, sedangkan objek lainnya berperan sebagai objek pemotong saja dan bentuknya tidak berubah.

3.  INTERSECT

Intersect  merupakan ikon yang digunakan untuk membuat objek baru dari objek-objek yang saling bersinggungan atau membuat objek baru dari hasil irisan objek. Khusus penggunaan ikon ini, tidak akan mengubah objek yang kita buat. Ikon ini akan menghasilkan objek baru dari hasil perpotongan/irisan objek-objek yang saling bersinggungan.

Contoh penggunaan intersect:


 

Langkah-langkah penggunaan ikon intersect:
  • Buat objek yang diinginkan, pada contoh saya membuat dua objek lingkaran dan satu objek kotak. Posisikan objek sesuai dengan keinginan anda.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat dan klik ikon intersect. Perhatikan gambar, akan muncul objek baru dari persinggungan objek dan objek asli tidak berubah.

4.  SIMPLIFY

Simplify merupakan ikon yang digunakan untuk memotong objek yang saling bersinggungan. Objek-objek yang saling bersinggungan akan saling memotong kecuali objek yang posisinya paling atas.

Contoh penggunaan simplify


Langkah-langkah penggunaan ikon simplify:
  • Buat objek yang diinginkan, pada contoh saya membuat tiga objek lingkaran dan tiga  objek kotak. Posisikan objek selang-seling seperti pada gambar atau sesuai dengan keinginan anda.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat dan klik ikon simplify. Perhatikan gambar, semua objek akan terpotong kecuali objek yang paling atas.

5.  FRONT MINUS BACK

Front minus back digunakan untuk memotong objek yang ada di depan menggunakan objek yang ada di belakangnya dan menghilangkan objek yang dibelakang.
Contoh penggunaan front minus back:


Langkah-langkah penggunaan ikon front minus back:
  • Buat objek yang diinginkan, pada contoh saya membuat tiga objek lingkaran dan tiga  objek kotak. Posisikan objek selang-seling seperti pada gambar atau sesuai dengan keinginan anda.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat dan klik ikon front minus back. Perhatikan gambar, objek yang paling atas akan terpotong oleh objek yang ada di belakangnya. Objek selain objek paling depan akan hilang setelah klik ikon front minus back.

6.  BACK MINUS FRONT

Back minus front digunakan untuk memotong objek yang ada di belakang menggunakan objek yang ada di depannya. Sama seperti front minus back objek pemotong juga akan hilang setelah anda klik ikon back minus front


Langkah-langkah penggunaan ikon back minus front:
  • Buat objek yang diinginkan, pada contoh saya membuat satu objek lingkaran dan dua objek kotak. Posisikan objek sesuai dengan keinginan anda.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat dan klik ikon back minus front. Perhatikan gambar, objek yang paling belakang akan terpotong oleh objek yang ada di depannya. Objek selain objek paling depan akan hilang setelah klik ikon back minus front.
  • Perbedaan antara back minus front dan trim terletak pada objek pemotong. Jika pada back minus front objek pemotong akan menghilan namun pada trim objek pemotong akan tetap seperti bentuk awal. 

7.  BOUNDARY

Boundary digunakan untuk membuat objek baru berupa outline dari objek-objek yang saling besinggungan. Berbeda dengan weld, ikon ini hanya akan menampilkan garis tepi saja.

Contoh penggunaan boundary:


Langkah-langkah penggunaan ikon boundary:
  • Gambar objek yang diinginkan, pada contoh adalah lingkaran. Buatlah satu buah lingkarang menggunakan ellipse tool (F7), kemudian beri warna dan duplikat (Ctrl+D) sebanyak yang diinginkan. Ganti warna setiap objek dan ubah ukuran jika memang diperlukan.
  • Seleksi semua objek yang telah dibuat, klik ikon boundary (ikon paling terakhir), dalam sekejap objek yang anda seleksi akan menjadi objek yang baru namun hanya berupa outline saja. Objek asli tidak akan hilang dan masing-masing objeknya tetap sama. 

Demikian tadi penjelasan tentang shaping objek pada CorelDraw X7. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Artikel ini boleh disalin namun cantumkan link artikel ini pada salinan artikel anda. Terimakasih..


 










No comments:

Post a Comment